jam digital

Selasa, 10 Januari 2012

Belajar Berpendapat Atas Suatu Berita Di Kontes Ngeblog VOA

Belajar berpendapat atas suatu berita di kontes ngeblog VOA
(Banner Kontes Ngeblog VOA, sumber gambar klik di sini )
"Apa yang anda lakukan setelah membaca / mendengarkan / menonton berita ?
Opening
Pernyataan ini nyaris timbul dalam benak setiap orang, dan komentar akan mengalir dengan sendirinya.
Kadang ada yang berkomentar positif dan ada pula yang berkomentar negatif. Tapi dasar dari kometar adalah hasil respon atas suatu berita yang baru saja ia saksikan. Dan ini adalah suatu langkah yang baik; bereaksi pada suatu kejadian yang terjadi (yang dalam konteks ini pada berita yang di saksikan).



Pada jaman sekarang, saat beragam media informasi jadi pilihan masyarakat, hal ini selaras dengan tersedianya beragam pula cara berkomentar.
Ada yang cukup dengan  berkomentar denga cara menulis status terbaru di situs jejaring sosial (facebook, twtter, dll).
Ada pula yang terlibat aktif,  dalam program suatu media yang bersiaran langsung / live (misalnya, dialog interaktif dari stasiun televisi, radio, pun juga live pada media forum di web forum).

Nah kali ini VOA ( Voice of  America) dalam website yang berbahasa indonesia pada awal desember 2011 lalu mengadakan Kontes Ngeblog VOA. Cukup dengan menyimak program-program VOA di televisi nasional dan lokal, di radio daerah (yang meyiarkan siaran Radio VOA Indonesia), di situs web VOA Indonesia dan Facebook, YouTube serta di Twitter.
Kontes ngeblog ini berakhir berlasngsung hingga November 2012.


Nah di sini kita di ajak berpendapat atau berkomentar atas berita yang di tayangkan. Kita pun bebas memilih topik yang akan kita komentari.

Ulasan
Belajar berpendapat dalam judul tulisan ini, bagi saya ialah hal baru.
Saya belajar tentang berpendapat tentang suatu berita. dan kemudian menuliskannya di blog saya, dengan sumber berita dari program-program VOA.

Walaupun saya hampir enam tahun di dunia blog, gabung di beberapa blog, tapi tulisan saya nyaris tak pernah termuat.Ini kali pertama saya serius dalam berpendapat. dan ini justru terjadi saat saya sedang jauh dari kebiasan menulis dan berbagi melalui blog. Ini terbukti dengan postingan yang hanya satu sejak blog saya yang ini (baca: blog terbaru) saya buat.

Namun dengan adanya kontes ini menyulut saya agar dapat berkomentar di blog ini. Dan dengan tertulis.
Yah, mudah-mudahan saya dapat kembali giat menulis, setelah hampir lama aktifitas ini sudah tak saya lakukan.

Yang perlu di Ingat !
Karena dengan berkomentar, setidaknya kita memberi respon pada suatu kejadian.
Tidak serta merta semua harus di komentari,  karena justru akan menghabiskan waktu kita dengan duduk berjam-jam di depan komputer, yang seharusnya dapat di lakukan untuk hal yang lebih baik. Tapi dengan memilih satu diantara beberapa topik yang diangkat pada program-program VOA Indonesia.

Akhir kata....
Kepada sobat Bloger yang belum sempat bergabung pada kontes ini, saya sarankan untuk turut join.
Cara-caranya simple, cukup dengan mengklik link pada tulisan ini.(atau klik di sini )

Selamat berpendapat sambil ngeblog.

Salam :)

4 komentar:

  1. wah.. thanks sob infonya :D saya ikutan nih.. silahkan di review >> http://ariexfy.blogspot.com/2012/01/robin-lim-bidan-peraih-cnn-hero-of-year.html :D happy blogging

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam Sobat Rahman,
      terima kasih atas kunjungan di blog saya,
      Saya Juga sudah membaca artikel dari Sobat

      Blog sobat sangat kreatif, yang pasti jadi 'citra' sobat sebagai blogger yang kreatif n inovatif.....

      Salam suskses dalam karir dan Cita.

      Hapus
  2. salam kenal sob :D ane blogger dari palembang... bolg sobat juga telah memberikan saya inspirasi dan masukan untuk menulis di kontes ngeblog VOA :D samala blogger sob

    BalasHapus